5 Pantai Di Jogja Yang Rekomended Dan Wajib Dikunjungi

Pantai Parangtritis Jogja. Sumber foto: kemenkraf.go.id

Berkunjung ke Kota Pelajar Yogyakarta rasanya tak lengkap jika tak berkunjung ke pantai sekitaran Gunung Kidul dan Bantul. Nah, apabila Anda hendak staycation dengan pemandangan pantai yang indah, dapat menginap di salah satu villa di Jogja yakni Queen of The South Resort yang terletak di Parangtritis Beach, Desa Parangrejo, RT 13/RW 13, Kec. Purwosari, Parangtritis, Bantul, Provinsi Yogyakarta, Indonesia, 55872. Di sini, Anda akan disuguhkan penginapan dengan pemandangan dan deburan ombak yang indah serta menenangkan, cocok untuk Anda yang ingin melakukan self healing atau sekadar bersantai bersama pasangan, keluarga maupun teman. Nah, berikut ini lima rekomendasi pantai di Yogyakarta yang wajib dikunjungi.

1. Pantai Parangtritis
Pantai Parangtritis berada di Desa Parangtritis, Kec. Kretek, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Pantai ini jaraknya sekitar 27 km dari pusat Kota Yogyakarta. Ini merupakan salah satu ikon pariwisata Yogyakarta yang tak boleh dilewatkan. Selain menikmati deburan ombak, Anda juga bisa menaiki dokar atau kereta kuda, menyewa motor track, hingga menikmati aneka hidangan laut di warung-warung pinggir pantai. Tak perlu khawatir jika saat bermain air, badan jadi basah kuyup, Anda bisa membilas tubuh di kamar mandi yang disediakan di warung-warung tersebut dengan membayar Rp 3 ribu saja.

Queen Resort Parangtritis

2. Pantai Timang
Untuk menuju Pantai Timang yang berada di Gunungkidul, Anda harus menempuh perjalanan sekitar 40 menit dan disarankan menggunakan mobil besar. Keunikan Pantai Timang dibandingkan pantai-pantai lainnya ialah keindahannya terlihat dari atas bukit Pantai Timang. Selain itu, Pantai Timang juga merupakan sarang lobster sehingga penduduk sekitar banyak yang berprofesi sebagai nelayan lobster. Anda bisa melihat aktivitas warga saat mencari lobster. Wah, tentu akan jadi pengalaman yang seru dan mengasyikan.

Baca Juga:   Jelajah Telaga Kemuning dan Kampung Berseri Astra Jogjakarta

3. Pantai Watu Kodok
Pantai Watu Kodok terletak di Wonosari, Gunungkidul, DIY tepatnya di di Desa Kemadang, Kecamatan Tanjung Sari. Pantai ini mulai dikenal oleh masyarakat luas sejak tahun 2009 dengan biaya swadaya masyarakat. Disebut Pantai Watu Kodok konon lantaran Perang Dunia II Pantai Watu Kodok dijadikan sebagai markas berkumpulnya para serdadu Belanda dan tempat pengungsian warga Gunungkidul. Kemudian dinamai Pantai Watu Kodok karena terdapat batu yang menyerupai kodok di bagian barat pantai. Pantai Watu Kodok ini memiliki garis pantai sepanjang 600 meter dengan pasir berwarna kuning keemasan. Untuk menuju ke Pantai Watu Kodok ada sejumlah petunjuk yang dapat dijadikan acuan agar sampai ke tempat tujuan.

4. Pantai Wedi Ombo
Pantai Wedi Ombo berada di Desa Jepitu atau sekitar 40 km dari arah tenggara Kabupaten Wonosari. Pantai Wedi Ombo memiliki pasir putih yang bersih dan dikelilingi oleh perbukitan kapur. Suara deburan pantai akan memberikan ketenangan dan kesegaran bagi siapa pun yang berkunjung ke wilayah tersebut. Anda dapat menyaksikan sunset di Pantai Wedi Ombo yang indah dan tak terlupakan. Selain itu, setahun sekali nelayan sekitar akan mengadakan upacara Ngalangi yakni Ombo orang Wedi akan mengambil akar pohon mawar dari Kedungdowok lalu bersama-sama menarik ke laut menggunakan jaring ikan. Selain itu, Pantai Wedi Ombo juga memiliki karang laut yang cantik juga indah.

Baca Juga:   7 Tempat Wisata Di Kota Madiun Yang Bikin Kota Ini Ngangeni

5. Pantai Goa Cemara
Bosan berlibur ke Gunungkidul? Anda bisa mengunjungi sejumlah pantai di kawasan Bantul salah satunya Pantai Goa Cemara. Seperti namanya, saat hendak memasuki wilayah ini Anda akan disambut dengan hamparan pohon cemara yang membentuk lorong layaknya goa cemara. Tak seperti pantai pada umumnya yag panas, pantai di sini cenderung teduh karena pepohonan rindang. Di sini, Anda bisa berkuda, berkemah, hingga menikmati ragam kuliner yang tersedia. Lokasi Pantai Goa Cemara berada di Jalan Lintas Selatan, Desa Gadingsari, Kecamatan Sanden, Kabupaten Bantul, Yogyakarta

Itulah lima rekomendasi pantai yang wajib dikunjungi saat ke Yogyakarta. Seru banget ya! Jangan lupa untuk memanjakan diri dengan pemandangan pantai yang indah, dapat menginap di salah satu villa di Jogja yakni Queen of The South Resort yang terletak di Parangtritis Beach, Desa Parangrejo, RT 13/RW 13, Kec. Purwosari, Parangtritis, Bantul, Provinsi Yogyakarta, Indonesia, 55872. Booking penginapannya melalui Traveloka untuk transaksi mudah, cepat, aman dan tentunya banyak promo menarik yang sayang untuk dilewatkan.

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan