6 Tips Memilih Asuransi Mobil Terbaik Sesuai Kebutuhan Anda

photo: Your Mechanic

Pentingnya mendapatkan perlindungan asuransi untuk kendaraan, tentu semakin disadari masyarakat dari tahun ke tahun. Jadi tidak heran, mengapa semakin banyak pula menjamurnya perusahaan perusahaan asuransi dengan berbagai layanan yang diberikan untuk para pemegang polis.

Karena ada banyak pilihan perusahaan asuransi, membuat Anda harus cermat dalam pemilihan asuransi mobil terbaik. Cara cermat yang dimaksud adalah dengan melakukan berbagai pertimbangan dalam pemilihan asuransi dari perusahaan asuransi mobil yang ada.

Tips Memilih Asuransi Mobil

Bagi Anda yang baru memiliki mobil atau menginginkan perlindungan untuk mobil dengan asuransi, berikut beberapa tips dalam pemilihan asuransi sesuai kebutuhan Anda.

 Pilih Asuransi Sesuai Kebutuhan

Pertama-tama, Anda wajib memiliki asuransi berdasarkan kebutuhan. Pastikan Anda mengetahui bagaimana kondisi kendaraan untuk mempertimbangkan akan memilih asuransi jenis yang mana. Misalnya usia mobil, bodi, dan juga kondisi mesinnya.

Terdapat dua pilihan asuransi mobil yaitu comprehensive atau all risk dan TLO atau total loss only. Perlindungan asuransi di kategori komprehensif, memberikan ganti rugi untuk kecelakaan besar dan juga kecil. Pastikan anda juga mengetahui apa saja pengecualian dalam polis asuransi tersebut, agar tidak merugikan di kemudian hari.

Kemudian ada asuransi TLO, di mana jenis asuransi ini akan memungkinkan Anda untuk melakukan klaim untuk kerusakan mobil diatas 75%. Jadi, ketika mengalami kerusakan mobil yang terbilang ringan, Anda tidak akan mendapatkan perlindungan. Anda juga bisa mempertimbangkan untuk pemilihan asuransi mobil terbaik, berdasarkan jalur yang dilalui mobil apakah sering melewati daerah perkotaan atau pun pedesaan.

Rajin cek radiator. Foto: metro.co.uk

 Pahami Detail Produk Asuransi
Mengerti produk asuransi apa saja yang diambil dan detailnya tentu sangat penting untuk Anda ketahui. Anda harus mengetahui apa saja keuntungan yang diberikan dari produk asuransi mobil yang diambil, agar tidak akan merasa kerugian nantinya.

Ketahui pula bentuk perlindungan apa saja yang diberikan, karena umumnya untuk all risk dan TLO sendiri punya fitur dan layanan berbeda. Pada asuransi juga biasanya terdapat kontrak kerjasama. Setelah mengisi kontrak, Anda tentu akan melakukan pembayaran premi dan bisa klaim asuransi sesuai dengan kontrak kerjasama yang sudah disepakati. Cermati isi kontrak supaya tidak ada hal yang tidak diinginkan terjadi.

Baca Juga:   Cara Mudah Jual Mobil Bekas di Masa Pandemi

Melakukan Survei Dan Perbandingan

Melakukan survei dan perbandingan jelas aja adalah cara bijak dalam memilih asuransi mobil. Saat ini tidak perlu survei langsung ke perusahaan asuransi mobil, Anda bisa melakukannya secara online. Anda bisa mengunjungi website resmi dari perusahaan asuransi atau melakukan perbandingan asuransi pada layanan penyedia asuransi.

Melakukan survei dan perbandingan akan memudahkan anda untuk mendapatkan asuransi terbaik berdasarkan manfaat yang diberikan dan juga premi. Saat ini, yang memberikan diskon premi untuk membantu Anda menghemat biaya pengeluaran.

Sesuaikan Kemampuan

Ketika memilih asuransi, merupakan hal penting untuk mempertimbangkan premi asuransi sesuai dengan kemampuan finansial Anda. Apalagi jika Anda sudah berkeluarga, itu saja memiliki lebih banyak kebutuhan dibanding ketika masih sendiri. Besaran premi harus Anda bayarkan saat memilih asuransi, tentu dipengaruhi oleh manfaat yang Anda pilih.

Mengambil asuransi dengan jumlah premi yang terlalu besar sampai mempengaruhi kondisi finansial keluarga tentu memberikan dampak buruk. Apalagi, jika memiliki pengeluaran yang memang tidak terlalu besar, Anda disarankan untuk benar-benar melakukan pertimbangan matang agar tidak mengalami masalah finansial nantinya.

Bengkel Rekanan Luas

Perusahaan asuransi mobil terbaik tentu saja memiliki bengkel rekanan yang luas, sehingga memudahkan Anda nantinya untuk klaim asuransi. Namun meski punya banyak bengkel, pastikan bahwa bengkel rekanan tersebut memang punya kualitas dan juga berlisensi.

Bengkel rekanan yang luas memberikan manfaat bagi Anda untuk kemudahan saat akan klaim asuransi ketika mobil rusak atau kecelakaan. Akan lebih baik, jika Anda memilih perusahaan asuransi yang punya banyak bengkel rekanan yang mudah dijangkau dan punya standar perawatan dengan suku cadang original.

Baca Juga:   Ciri-Ciri Mobil Bekas Terendam Banjir

Prosedur Klaim Asuransi Yang Mudah

Langkah terakhir cara pemilihan asuransi mobil, yaitu dengan memperhatikan bagaimana kemudahan klaim asuransi dari perusahaan tersebut. Karena meskipun asuransi mobil yang Anda pilih memberikan banyak layanan tambahan dengan layanan yang lengkap, akan percuma jika proses klaim asuransi nya rumit.

Jangan pula memilih perusahaan asuransi yang kurang respon terhadap klaim yang akan Anda ajukan. Perusahaan asuransi seperti ini hanya akan membuat Anda merugi apalagi ketika sedang mengalami kecelakaan mobil atau kerusakan mobil yang parah.

Hal ini sebenarnya bisa Anda lihat dari kredibilitas dari perusahaan tersebut, perusahaan dengan kredibilitas tinggi akan memberikan kemudahan dalam klaim asuransi para pemegang polis.  Jangan hanya terpedaya dengan perusahaan asuransi yang memiliki nama besar tapi kinerjanya lambat bahkan lembut.

Setelah penjabaran terkait tips pemilihan asuransi mobil, tentunya Anda sudah tahu berbagai poin penting yang harus dipertimbangkan ketika memilih asuransi mobil terbaik. Perhatikan dengan cermat perusahaan asuransi yang ingin Anda pilih baik detail produk asuransi yang ditawarkan, fitur layanan asuransi dan masih banyak lagi.

Saat ini, Anda dapat membeli serta memilih asuransi sesuai kebutuhan melalui Traveloka Lifestyle SuperApp. Anda bisa mendapatkan penawaran asuransi mobil terbaik dari Traveloka, yang prosesnya bisa dilakukan secara online.

Perusahaan asuransi ini tidak memerlukan perjanjian untuk survei kondisi mobil Anda terlebih dahulu ketika akan daftar asuransi. Anda hanya perlu mengisi detail tersebut langsung di aplikasi Traveloka. Untuk biaya premi yang harus dibayarkan juga relatif terjangkau, karena paket asuransinya memberikan tarif yang lebih kompetitif untuk mobil Anda. Untuk informasi lebih lanjut Anda bisa langsung kunjungi Traveloka lewat website maupun aplikasi.

 

 

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan