Krisis Bahan Bakar Mesin Diesel Di Dunia Mulai Terjadi

Foto: serambi tv

Krisis bahan bakar minyak jenis mesin Diesel dilaporkan mulai terjadi di dunia. Di Eropa, persediaan BBM Diesel di Amsterdam-Rotterdam-Antwerp (ARA) dilaporkan turun pada pekan lalu sebesar 2,5%. Sementara itu, di Singapura, persediaan distilasi juga turun ke posisi terendah dalam beberapa tahun terakhir yakni di angka 8,21 juta barel.

Penyebab kelangkaan ini karena pulihnya permintaan pasca pandemi Covid-19. Di sisi lain, negara-negara penyulingan minyak seperti AS masih beroperasi dengan kapasitas di bawah masa-masa sebelum pandemi. Sehingga BBM Solar menjadi langka karena dibutuhkan untuk mesin berat dan pabrik.

“Permintaan diesel tampaknya meningkat di (Eropa barat laut) tetapi kapasitas penyulingan yang lebih rendah dibandingkan dengan pra-Covid dan tingkat impor yang rendah membuat pasar di bawah tekanan berat,” kata Lars van Wageningen dari Insights Global dikutip Reuters, Kamis (10/2/2022).

Baca Juga:   Berambisi Bikin Mobil Terbang, Pemerintah Malaysia Dikecam Warganya

Harga BBM diesel Eropa Barat Laut mencapai US$ 114/barrel pada hari Senin, tertinggi sejak September 2014.

Untuk di Indonesia, sepertinya minyak sawit bisa menjadi alternatif. Apalagi kebanyakaan mesin Diesel di Indonesia masih bisa nenggak solar busuk bahkan minyak goreng juga bisa.

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan