Enggak Jadi Batal!, Mandalika Akan Diaspal Ulang

Kabar melegakan datang dari FIM (Federasi Balap Motor Internasional) dan Dorna Sports yang secara resmi mengumumkan bahwa ajang balapan MotoGP Indonesia atau Pertamina Grand Prix of Indonesia akan tetap digelar pada 18-20 Maret 2022. Dengan syarat pihak Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) selaku pengelola Sirkuit Mandalika akan melakukan pengaspalan ulang.

Seperti diketahui, spek teknis dari aspal di Sirkuit Mandalika tidak sesuai dengan standar balapan MotoGP, yang menyebabkan batu dan kerikil di aspal tidak lengket sehingga terbang seperti peluru ke arah pebalap lain. Penyebabnya karena pihak kontraktor mengganti standar batuan yang direkomendasikan dengan batuan lokal.

Tak sedikit rider yang terkena lemparan batu di motor, helm, dan tubuh mereka. Banyak pembalap juga mengeluhkan buruknya aspal Sektor 1 dan Sektor 4.

Baca Juga:   Mbak Rara Tidak Setuju Jika MotoGP Digelar Dua Kali di Mandalika

Beberapa pembalap seperti Fabio Quartararo bahkan menyarankan Sirkuit Mandalika diaspal ulang. “Dari Tikungan 1 ke Tikungan 7, aspalnya terkelupas. Saya rasa untuk balapan nanti mereka harus mengaspal ulang Tikungan 1. Sungguh bencana di sana. Dalam tiga hari permukaannya terus menurun,” ungkapnya.

ITDC dan Mandalika Grand Prix Association (MGPA) pun bergerak cepat menanggapi keluhan para rider, dan segera berkonsultasi dengan Dorna Sports selaku pemegang hak komersial MotoGP dan FIM selaku badan resmi yang mengawasi homologasi seluruh sirkuit yang dipakai oleh kejuaraan balap yang mereka naungi.

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan