Wajib Tahu! 8 Kuliner Khas Pontianak yang Nikmatnya Bikin Ketagihan


Apakah kamu punya rencana liburan ke luar kota dalam waktu dekat?

Situasi Jabodetabek yang identik dengan rutinitas sehari-hari memang rentan menimbulkan kebosanan. Makanya, kamu harus menyiapkan waktu dan bujet memadai untuk berlibur ke luar kota. Salah satu destinasi menarik yang cocok kamu kunjungi bila kamu termasuk pecinta wisata kuliner adalah Pontianak.

Liburan ke Pontianak tak akan membuatmu boros kalau kamu tahu cara menyiasatinya. Sekarang, kamu bisa memesan tiket Garuda Indonesia melalui Traveloka untuk mendapatkan harga terjangkau. Sistem algoritma Traveloka akan membantumu menemukan jadwal dan harga tiket terbaik untuk berlibur. Kamu juga tak perlu bingung soal urusan transportasi menuju bandara karena ada fasilitas kereta bandara yang singgah ke beberapa stasiun di lokasi strategis. Tak perlu repot naik taksi atau sewa mobil karena ada kereta bandara yang tepat waktu dan anti macet.

Jika rencana liburan ke Pontianak akan kamu wujudkan dalam waktu dekat, jangan sampai lupa mencicipi aneka kuliner istimewa berikut ini:

1. Choipan

Jalan-jalan ke Pontianak belum sah bila belum mencicipi choipan. Choipan adalah kudapan gurih berisi sayuran yang dimasak dengan cara dikukus. Bagian kulitnya terbuat dari tepung beras sehingga terasa kenyal saat disantap.
Varian isian choipan sangat bervariasi karena terdiri dari beberapa pilihan seperti bengkuang, kucai, atau pepaya muda serut. Choipan hangat disajikan dengan bawang putih goreng dan sambal khas bercita rasa asam manis pedas. Tak mengherankan kalau camilan sedap ini selalu jadi primadona di kalangan wisatawan.

2.Sotong Pangkong

Sotong pangkong biasanya lebih familiar dengan sebutan juhi. Makanan ini terbuat dari sotong yang dijemur sampai benar-benar kering. Bila sudah kering, sotong kemudian dipanggang sambil dipukul-pukul agar bentuknya menjadi pipih.
Seporsi sotong pangkong yang gurih biasanya disajikan dengan sambal kacang atau sambal pedas manis khas Pontianak. Cita rasanya yang sedap pasti membuatmu tak ingin berhenti menikmatinya.

Baca Juga:   Wisata Kuliner Di Banyuwangi, Pilihan Menunya Banyak Sekali

Kue Bingke
Pontianak juga punya camilan manis bercita rasa khas yang bernama kue bingke. Jenis kue ini terbuat dari campuran telur, santan, dan terigu sehingga teksturnya sangat lembut.
Sekarang, variasi rasa kue bingke semakin beragam dan terkesan kekinian, mulai dari cokelat, susu, durian, hingga kacang hijau. Kue istimewa ini bisa bertahan hingga 3 hari bila disimpan di lemari pendingin.

Lek Tau Suan
Camilan hangat yang satu ini juga dikenal dengan nama bubur gunting karena disajikan bersama cakwe yang digunting-gunting. Lek tau suan terbuat dari kacang hijau tanpa kulit yang dimasak bersama kuah kental dari bahan dasar tepung tapioka.

Untuk menambah cita rasa dan aroma, rebusan kacang hijau tersebut juga diberi tambahan gula pasir dan daun pandan. Seporsi lek tau suan selanjutnya dipadukan dengan irisan cakwe goreng yang membuat kombinasi teksturnya terasa menarik.

Pisang Goreng Pontianak
Pisang goreng adalah camilan umum yang bisa ditemukan di mana saja. Namun, lain halnya dengan sensasi rasa pisang goreng Pontianak. Kudapan khas Pontianak ini terbuat dari pisang kepok matang yang diiris berbentuk kipas sehingga bentuknya lebar dan rasanya sangat manis.

Sajian pisang goreng Pontianak yang masih hangat diberi pelengkap berupa selai srikaya yang gurih dan legit. Menyantap pisang goreng Pontianak paling pas bila ditemani secangkir kopi.

Bubur Ikan
Jangan membayangkan kalau bubur ikan memiliki tekstur dan tampilan yang sama dengan bubur nasi pada umumnya, ya. Bubur ikan terbuat dari nasi yang direbus bersama kuah kaldu dan potongan ikan segar sehingga teksturnya lebih padat daripada bubur nasi biasa.

Baca Juga:   Bakso Bola Dunia Kediri, Maknyuss

Bubur ikan yang sudah matang diberi sedikit minyak wijen, bawang putih goreng, dan taburan daun bawang. Agar cita rasanya makin segar, bubur ikan bisa disantap bersama sambal dari kecap asin dan cabai rawit serta air perasan jeruk kunci. Kalau kamu termasuk pencinta hidangan laut, kemungkinan besar kamu pasti suka dengan makanan khas Pontianak yang satu ini.

Kerupuk Basah
Penganan Pontianak yang satu ini memiliki tampilan dan rasa yang sangat mirip dengan pempek khas Palembang. Kerupuk basah biasanya terbuat dari bahan utama berupa ikan belidak atau ikan toman yang mudah ditemukan di Sungai Kapuas.

Daging ikan yang sudah dihaluskan dicampur dengan sedikit tepung sagu lalu diuleni hingga kalis. Selanjutnya, adonan kerupuk basah dikukus sebelum disajikan selagi hangat bersama sambal kacang. Wah, kedengarannya nikmat sekali, ya.

Pengkang
Hidangan khas Pontianak lainnya yang super sedap adalah pengkang. Jika dilihat sekilas, pengkang sangat mirip dengan lemper bakar. Perbedaannya terletak pada bahan isian yang terbuat dari ebi.

Proses pengemasan pengkang juga sangat menarik karena menggunakan daun pisang yang dibentuk segitiga lalu dijepit dengan bilah bambu. Sajian pengkang biasanya dilengkapi dengan sambal kepah yang terbuat dari sejenis kerang dari hutan bakau. Cita rasanya yang gurih membuat siapa pun tergiur ingin mencobanya.

Selain 8 jenis hidangan tersebut, Pontianak masih punya banyak kekayaan kuliner lainnya yang menarik untuk dicicipi. Jadi, jangan ragu berlibur ke Pontianak jika penasaran dengan kuliner aslinya. Nikmati serunya jalan-jalan sambil berwisata kuliner di Pontianak setelah mendapatkan tiket pesawat murah melalui Traveloka.

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan