Cara Memasang Tabung Gas supaya Aman

Memasang gas elpiji dengan aman pada rumah dijual Surabaya hukumnya sangat wajib. Perlu kamu ketahui, salah satu penyebab kebakaran pada rumah disebabkan oleh kecelakaan tabung gas yang terjadi karena pemasangannya kurang benar, selain kecelakaan karena masalah arus pendek pada listrik. Nah, memasang tabung gas supaya aman ini ternyata tidaklah sulit.

Walaupun penggunaan gas elpiji sudah jamak dilakukan oleh masyarakat untuk memasak, banyak juga yang belum tahu mengenai bagaimana memasang gas supaya aman. Alasannya, takut tabung gas yang dipasang meledak. Lantas, bagaimana cara memasang gas supaya aman? Berikut beberapa langkahnya.

1. Cek Isi Tabung lewat Indikator
Sebelum kamu mengganti tabung gas elpiji di dapur rumah dijual Jakarta Barat, cek terlebih dahulu tabung yang akan diganti, apakah isinya sudah habis atau belum. Kamu bisa mengeceknya lewat indikator tekanan gas yang ada. Jika jarum indikator menunjuk ke bagian berwarna merah, berarti isi tabung telah habis.

2. Kencangkan Pengikat pada Regulator
Kebocoran pada gas elpiji bisa disebabkan karena pengikat atau sabuk pengaman selang dan indikator tidak terpasang dengan kencang. Sebelum kamu mengganti tabung gas, pastikan agar pengikat masih terpasang dengan kuat dan kencang. Jika belum berani melakukannya sendiri, sebaiknya panggil orang yang lebih paham agar tidak salah memasang pengikat pada regulator.

Baca Juga:   Review: Xiaomi Redmi Note 8 Pro Kalah Telak Dari Realme 5 Pro Soal Editing Video

3. Pakai Gas yang Masih Tersegel
Gunakan tabung gas untuk rumah dijual Surabaya yang masih tersegel, bisa dibeli di agen atau toko langganan terdekat. Patikan tabung gas yang dibeli benar-benar masih tersegel. Pastikan segel dibuka terlebih dahulu sebelum dipasang regulator. Cek pada lubang gas elpiji juga, apakah ada karet merah di lubang gas elpiji. Tabung gas yang normal, pastinya sudah ada karet merah ini.

4. Pasang Regulator pada Lubang Tabung Gas
Pasanglah regulator di bagian atas lubang elpiji. Posisikan regulator hingga pas dan kemudian tancapkan ke dalam lubang gas dengan kuat. Kamu perlu melihat regulator agar tidak menabrak dinding tabung. Sebenarnya tidak sulit memasang regulator jika sudah pas bertemu di bagian lubang tabung gas elpiji-nya.

5. Kunci Regulator
Setelah regulator terpasang, maka kunci regulator dengan kencang. Bagian ini adalah hal yang paling penting dan butuh perhatian ekstra. Kunci regulator ini juga ada beragam jenis dan modelnya. Model paling umum adalah regulator dengan kunci menghadap ke bawah. Pilih yang memiliki keamanan ekstra ya. Setelah dipasang, posisinya harus dihadapkan ke atas sebagai tanda regulator terkunci dengan baik pada tabung gas. Tekan bagian regulator gas agar tidak bocor.

Baca Juga:   Dibanting Sampai Melengkung, Xiaomi Redmi 1S ini masih berfungsi normal tanpa ada fisik yang pecah

6. Pastikan Bebas dari Suara Mendesis
Selanjutnya, untuk menjaga keamanan rumah dijual Jakarta Barat dari bahaya kebocoran gas, maka cek kembali apakah terdengar suara mendesis yang keluar dari tabung gas atau tidak. Periksa juga apakah tercium bau menyengat dari tabung gas. Jika ada suara mendesis dan aroma yang menyengat, kemungkinan terjadi kebocoran pada tabung.

7. Pastikan Jarum Indikator Menunjuk Bagian yang Tepat
Selain memastikan tidak ada suara mendesis dan aroma yang menyengat keluar, kamu juga harus memastikan jika indikator pada regulatornya menunjuk ke bagian yang tepat. Bila sudah terpasang dengan aman, maka indikator akan menunjuk ke bagian yang berwarna kuning atau hijau.

8. Jauhkan Selang dari Sumber Api
Terakhir, agar rumah dijual Surabaya aman dari bahaya kebakaran, maka atur agar selang tabung gas jauh dari sumber api kompor. Tentunya ini untuk menghindarkan selang terbakar jika ada kebocoran dan menyebabkan ledakan pada tabung gas. Amannya, taruh tabung gas di bagian bawah kompor di posisi yang aman.

Nah, itulah beberapa kiat memasang tabung gas supaya aman dan mencegah ledakan serta kebakaran di rumah.

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan