Tahun 1910 Mobil Listrik Thomas Alfa Edison Kalah Dalam Lomba

Sebenarnya mobil listrik (ML) sudah dibuat dan diproduksi massal abad sejak 1890-an. Pada saat larisnya, penjualan ML mencapai 33 persen dari semua kendaraan di jalanan sebelum Perang Dunia I adalah EV.

Namun, setelah adopsi mobil mesin pembakaran internal (ICE) secara massal, penjualan mobil bertenaga bensin pun makin melonjak melampaui mobil listrik.

Salah satu produsen yang terkenal adalah Bailey Electric yang memakai bateri listrik buatan Thomas Alfa Edison.

Salah satu episode paling menentukan, yaitu apakah seharusnya mobil bertenaga listrik yang harus ngeces atau bertenaga BBM yang tinggal diisi minyak langsung ngacirr adalah sebuah lomba antara keduanya.

Pada bulan September 1910, mobil listrik diadu dalam lomba dengan mobil bertenaga BBM dalam lomba ketahanan sepanjang 1.000 mil.

Baca Juga:   Pemuda Ganteng Pencuri Motor Ini, Ditangkap Ibunya Sendiri

Thomas Alfa Edison si Bapak lampu itu bahkan turun langsung untuk mempromosikan mobil Listrik Bailey. Hasil dari lomba itu adalah yang kita temui sekarang di jalan raya.

Mobil berbahan bakar minyak menang dan lebih efisien dibanding mobil listrik. Walhasil penjualan mobil listrik kalah dan terlupakan sampai kemudian ide bahwa tenaga listrik lebih bersih dari BBm muncul lagi di tahun 1990an.

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan