Dana APBD Ponorogo Lebih Besar Dari Madiun, Tapi Kenapa Banyak Jalan Rusak?

Capture website gema surya FM

Kondisi jalan di Kabupaten Ponorogo banyak yang rusak parah, terutama jalan raya penghubung antar desa dan antar kecamatan yang jelas itu adalah tanggung jawabnya Pemerintah Kabupaten setempat, bukan Provinsi dan bukan pemerintah pusat.

Padahal jika dibandingkan dengan wilayah tetangganya, yaitu Kabupaten Madiun. Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Ponorogo jauh lebih besar dibanding Madiun.

Untuk tahun 2022, anggaran pendapatan Kabupaten Ponorogo adalah 2,2 Trilyun Rupiah. Angka ini jauh lebih besar dibanding Kabupaten Madiun yang cuma punya pendapatan hanya 1,8 Trilyun Rupiah, lebih sedikit 400 Milyar.

Untuk Anggaran Belanja tahun 2022, Kabupaten Madiun hanya di angka 1,9 Trilyun Rupiah. Sedangkan Pemerintah Kabupaten Ponorogo punya anggaran belanja yang juga jauh lebih besar yaitu mencapai angka 2,5 Trilyun. 600 Milyar lebih banyak dibanding anggaran belanja Madiun.

Baca Juga:   Dabbawala, Layanan Mirip GoFood di India Yang Sudah Ada Sejak Ratusan Tahun Lalu

Oke, mungkin anda akan beralasan bahwa Ponorogo memiliki luas yang lebih dari Madiun. Luas wilayah Ponorogo mencapai 1.371 KM persegi sedangkan Kabupaten Madiun lebih kecil sedikit yaitu 1.137 KM persegi.

Tapi sekarang mari kita bagi Anggaran Belanja masing-masing daerah ke luas wilayah.
Ponorogo punya anggaran Belanja 2,5 Trilyun yang jika dibagi ke luas wilayah 1.371KM Persegi, maka setiap 1KM persegi punya anggaran sebanyak 1.823.486.506 Rupiah. Artinya setara setiap 1KM Persegi ada dana belanja 1,8 Milyar.

Dana Belanja Pemkab Ponorogo setara dengan 1,8 Milyar/KM Persegi
sedangkan Pemkab Madiun cuma 1,6 Milyar/KM Persegi.

Sekarang mari bandingkan dengan Anggaran belanja Madiun hanya 1,9 Trilyun Rupiah yang jika dibagi ke luas wilayah 1.137KM Persegi, maka setiap 1KM persegi hasilnya adalah 1,671,064,204 atau 1,6 Milyar setiap 1 KM Persegi.

Baca Juga:   Proses Mutasi Keluar Kendaraan Masih Ribet, Emang Sengaja Dibikin Gitu Kali ya?

Lalu kemana larinya belanja pemeliharaan jalan Pemkab Ponorogo sepanjang tahun 2022 ini? sampai bulan Agustus 2022 ini kok belum ada upaya penambalan jalan sama sekali. Jika pun ada, dilakukan secara swadaya oleh masyarakat dengan pengecoran.

Bandingkan dengan Pemkab Madiun yang sepanjang tahun 2022 ini sudah melakukan penambalan dan perbaikan jalan yang sudah dilakukan pada bulan Juni sebelum lebaran tahun 2022 untuk kenyamanan warganya selama libur lebaran. Memasuki semester kedua tahun 2022, Pemkab Madiun juga sedang sibuk melakukan pelebaran jalan di desa-desa diantaranya di desa segulung, kec. dagangan.

Penambalan jalan berlubang di Kabupaten Madiun sebelum libur masa lebaran 2022

Lalu bagaimana kinerja Pemkab Ponorogo memasuki bulan ke-8 tahun 2022 ini? Gek ndang sat set ngono loo. sebelum banyak korban nyawa warganya.

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan