Tips Naik Kereta Api Bangunkarta Ekonomi Biar Enggak Jalan Mundur

Kereta Api Bangunkarta punya rangkaian gerbong ekonomi dan eksekutif. Berangkat dari stasiun Jombang dengan tujuan Jakarta lewat jalur selatan. Bangunkarta sendiri singkatan dari JomBANG – madiUN – JakaKARTA.

Untuk gerbong ekonominya, kereta ini masih pakai kursi jaman dulu, belum ekonomi premium. Gerbongnya pun masih gerbong putih, bukan stainless. Gerbong putih kok menurut saya lebih enak ya daripada gerbong stainless.

Untuk kelas ekonomi, harus cermat memilih nomer kursi, Untuk mencegah dapat kursi jalan mundur berikut ini tipsnya dari mimin.

Jika tujuan perjalanan ke arah timur, pilih kursi dengan nomer Genap.
22, 20, 18, 16, 14, 12, 10, 8, 6, 4, 2, 1.

Baca Juga:   Jadwal Travel Damri Jurusan Stasiun Madiun Magetan ke Pantai Klayar Setiap Hari

Jika tujuan perjalanan ke arah barat, pilih kursi dengan nomer ganjil:
21, 19, 17, 15, 13, 11, 9, 7, 5, 3, 1

Enakan mana sih gerbong ekonomi biasa dan ekonomi premium?
Kalau bawa barang yang banyak, ekonomi biasa lebih enak. Space kursi lebih luas untuk dijadikan tempat naruh barang. Cuma resikonya klo ramai ya siap-siap aja adu dengkul dengan penumpang di depanya, hehehe.
Tapi kalau sepi, yakindeh serasa di lapangan.

Untuk jarak dekat, Bangunkarta ini juga ada tiket GoShownya yang dibeli 1jam sebelum berangkat untuk rute Madiun-Jogja, Madiun-Solo, Madiun-Jombang. Harga ekonomi: 45ribu dan Harga Eksekutif 65.000.

Tapi klo untuk tujuan jogja menurut mimin enggak rekomended. Karena sepanjang perjalanan Madiun-Jogja banyak berhenti di stasiun berikut ini: Ngawi, Sragen, Solo Balapan dan Klaten. Jadinya Madiun-Jogja ditempuh dengan waktu 2Jam 16 Menit.

Baca Juga:   Viral Penumpang Bus Sembunyi Di Bagasi, Pihak Bus Kasih Refund Tapi Ditolak

Bandingkan sama kereta lain seperti Sancaka, Argo Wilis, Gajayana yang cuma butuh waktu 1jam40menit untuk rute Madiun-Jogja dengan harga tiket GoShow yang sama, 65.000.

Tapi memang, kereta api jurusan Madiun-Jogja yang paling pagi ya Bangunkarta. Jadi enak dan cocok buat yang mau liburan ke Jogja satu hari. Jam 08.00 nyampe jogja, lalu jam 10 malam pulang ke Madiun.

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan