Cetak Sejarah, Andi Gilang Juara Asia SS600 Di Thailand

JAKARTA – Penampilan gemilang dan heroik ditunjukkan para pebalap binaan PT Astra Honda Motor (AHM) yang menuntaskan ajang Asia Road Racing Championship (ARRC) musim 2022. Pada seri terakhir yang diselenggarakan di Chang International Circuit, Buriram, Thailand, para pebalap mendominasi podium dalam dua race yang diselenggarakan Sabtu-Minggu (19-20 November).

Bahkan Andi Farid Izdihar (Andi Gilang) mampu sapu bersih podium pertama dalam dua race, sekaligus mencetak sejarah sebagai pebalap Indonesia pertama yang meraih gelar juara ARRC kelas Supersport (SS)600.

Gelar juara kelas SS600 menjadi prestasi membanggakan hasil pembinaan pebalap muda Indonesia yang dimulai sejak Astra Honda Racing School hingga mengaspal di berbagai ajang balap.

Berbekal pengalaman tampil di GP World Championship (Moto2 dan Moto3) yang kompetitif, titel tertinggi yang diraih Andi pada ARRC ini sekaligus menjadi penegas kemampuan dirinya yang mumpuni di lintasan balap internasional.

Baca Juga:   Mbak Rara Tidak Setuju Jika MotoGP Digelar Dua Kali di Mandalika

Gelar ini juga menjadi sejarah untuk Astra Honda Racing Team yang mampu merebut juara di kelas bergengsi ARRC.

Andi Gilang bersama Honda CBR600RR, benar-benar menunjukkan taringnya pada seri terakhir ARRC. Pada balapan pertama Sabtu (19/11), pebalap asal Bulukumba, Sulawesi Selatan, itu tampil sangat impresif.

Start dari posisi kedua, dirinya sempat melorot ke beberapa posisi. Namun di pertengahan balap, dirinya berhasil merangsek semakin ke depan, mampu mengatasi perlawanan para pesaing dan menduduki podium teratas.

Pada balapan kedua Minggu (20/11), Andi masih konsisten tampil apik. Sadar tertinggal 14 poin dari pimpinan klasemen, dia harus merebut kembali podium teratas dan merebut 25 poin lagi. Upaya itu berhasil, tampil di atas trek basah dan licin, Andi bertahan hingga lap terakhir saat dirinya harus disalip oleh pebalap Thailand.

Pengalaman berbicara, Andi mampu mengambil lagi posisi terdepan dan mengamankan race kedua dengan kemenangan, mengumandangkan Indonesia Raya sekali lagi, sekaligus memastikan gelar juara.

Baca Juga:   Absen di MotoGP Argentina, Masa Depan Marc Marquez Kian Suram

Kemenangan ini begitu dramatis, karena dengan hasil race terakhir, perolehan poin Andi Gilang menyamai pimpinan klasemen sebelumnya. Namun Andi dinyatakan sebagai kampiun kelas SS600 karena mengoleksi kemenangan lomba lebih banyak.

”Balapan yang sangat luar biasa. Saya mencoba mengatur irama dengan baik, menjaga fokus agar tidak melakukan kesalahan. Bahkan sampai lap terakhir saat saya kehilangan posisi pertama, saya tetap berusaha untuk tenang dan mencoba mengambil kesempatan yang ada. Akhirnya, di tikungan terakhir saya bisa kembali mengambil alih posisi dengan baik dan finish pertama. Double winner dan penentuan juara Asia ini adalah momen terbaik dalam karier balapan saya,” kata Andy usai balapan.

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan